|

Mengagumkan! 5 Masjid Megah di Kuala Lumpur yang Memikat Hati

Sebagai negara serumpun, Indonesia dan Malaysia tidak hanya berbagi sejarah dan budaya, tetapi juga memiliki populasi Muslim yang besar. Kedua negara ini membanggakan berbagai masjid megah yang menjadi simbol keagungan arsitektur Islam. Jika Anda sedang merencanakan kunjungan ke ibukota Malaysia, Kuala Lumpur, berikut adalah beberapa masjid termegah dan terindah yang dapat menjadi destinasi menakjubkan selama perjalanan Anda.

1. National Mosque of Malaysia

Jika Anda mencari masjid yang menggabungkan keindahan arsitektur modern dengan atmosfer spiritual yang mendalam, Masjid Nasional Malaysia adalah pilihan yang sempurna. Dikenal juga sebagai Masjid Negara, tempat ibadah ini mampu menampung hingga 15.000 jamaah. Dibangun pada tahun 1965 untuk memperingati kemerdekaan Malaysia, masjid ini memiliki menara setinggi 73 meter dan aula utama dengan 48 kubah kecil. Desainnya merupakan hasil kerjasama antara arsitek Inggris, Howard Ashley, dan warga Malaysia, Baharuddin Kassim serta Hisham Albakri.

2. Federal Territory Mosque

Federal Territory Mosque, yang menggabungkan elemen Ottoman dan Melayu dalam arsitekturnya, adalah destinasi yang tak boleh dilewatkan. Dibuka untuk umum pada 25 Oktober 2000, masjid ini terletak di tengah kolam buatan di sepanjang jalan Sultan Mizan Zainal Abidin. Aula utamanya yang luas dapat menampung hingga 17.000 jamaah sekaligus, dan masjid ini juga berfungsi sebagai sekolah agama bagi anak-anak. Terletak di sebelah barat pusat kota, Federal Territory Mosque dapat diakses dalam waktu 15 menit berkendara dari Petronas Twin Towers.

3. Masjid Jamek Sultan Abdul Samad

Masjid Jamek Sultan Abdul Samad adalah masjid tertua di Kuala Lumpur, dibangun pada tahun 1907 dengan kombinasi arsitektur Mughal kuno dan Moor. Keunikan masjid ini terletak pada latar belakangnya yang dihiasi oleh gedung-gedung modern megah dan pemandangan Sungai Klang. Dengan tiga kubah dan dua menara batu bata, masjid ini memberikan pengalaman spiritual yang tak terlupakan.

4. Masjid Raja Fisabilillah Cyberjaya

Masjid Raja Fisabilillah Cyberjaya, yang dibangun pada tahun 2016, merupakan masjid pertama di Malaysia yang memperoleh penghargaan Platinum dalam Green Building Index. Keberlanjutan menjadi fokus utama dengan penggunaan lampu LED hemat energi, panel surya di atap, ventilasi udara alami, dan pengumpulan air hujan. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menyediakan ruang serbaguna, lift untuk lansia dan penyandang disabilitas, serta taman bermain untuk anak-anak.

5. Masjid Saidina Umar Al-Khattab

Terletak di Bukit Damansara, Masjid Saidina Umar Al-Khattab adalah salah satu masjid yang memancarkan kemegahan sekaligus keindahan. Dibuka secara resmi pada tanggal 22 Maret 1984 oleh Yang di-Pertuan Agong ketujuh, Sultan Ahmad Shah dari Pahang, masjid ini mengambil nama dari Khalifah Umar bin Khattab, penerus Rasulullah SAW. Sejak itu, masjid ini menjadi saksi berbagai peristiwa bersejarah.

Semua masjid di Kuala Lumpur menawarkan keindahan dan keagungan sendiri, menciptakan pengalaman spiritual yang unik bagi setiap pengunjung. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi dan mengagumi kemegahan masjid-masjid ini saat Anda berada di Malaysia! 🕌🌟

Jika Anda tertarik untuk mengeksplorasi lebih banyak tentang jumlah masjid dan surau di Malaysia, serta mendapatkan wawasan lebih dalam tentang keberagaman keagamaan di negara ini, kunjungi sujood sekarang. Temukan informasi terbaru dan lengkap yang dapat memperkaya pemahaman Anda tentang warisan agama dan budaya di Malaysia.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *